Category: Uncategorized

  • Keuntungan dan Kekurangan Direct Marketing

    Semua bentuk dari direct marketing tentu memiliki kelebihan dan kekurannya masing-masing. Namun keuntungan dan kekurangan bentuk Direct Mail Marketinglah yang paling menonjol. Advantage of Direct Mail Marketing Selectivity: kita bisa mengarahkan, atau menseleksi dari grup mana atau penerima mana saja yang akan kita jadikan target marketing. b. Timeliness: direct mail marketing dapat terkirim dengan cepat,…

  • Bentuk-bentuk Direct Marketing di era digital

    Direct mail marketing Direct mail marketing juga termasuk ke dalam direct marketing, dimana produsen memberikan informasi terkait barang atau jasanya kepada konsumen mereka, informasi ini bisa berupa info discount dari sebuah e-commerce, atau katalog-katalog dari sebuah perusahaan. Direct mail marketing ini biasanya telah disetujui secara tidak langsung kepada pemilik email. Seperti ketika kita membeli sebuah…

  • Periklanan Era Cyber

    Kini iklan sudah banyak muncul bukan hanya lewat televisi ataupun media cetak. Tetapi sudah menyebar pada media online yang berkembang di era digital ini. Teknologi yang berkembang, membuat brand atau satu bisnis mengikuti perkembangan jaman. Pengguna media digital termasuk internet semakin meningkat. Hal ini juga menyebabkan perubahan dari cara menonton tv, mendengarkan music dan membeli…

  • PEMASAR HARUS SADAR

    Pikiran Bawah Sadar konsumen masih menjadi pengendali utama dalam perilaku keseharian dari konsumen. Hal ini perlu dipahami oleh pemasar bagaimana pikiran bawah sadar ini bekerja  meski saat ini penggunaan perangkat-perangkat teknologi semakin marak . Buktinya saat ini kebanyakan orang mampu bermain dengan gadget nya ketika sedang melakukan pekerjaan lain. Konsumen kini menjadi banyak hal yang…

  • DO YOU WANT TO BE “ WINNER” OR “ LOOSER” MARKETERS

    Tahun 2015 kini sudah mulai memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)  dimana  pola persaingan antar negara – negara ASEAN akan semakin terlihat dan kompleks .  terjadinya pasar tunggal berdaya saing tinggi , semakin meratanya pembangunan ekonomi dan terciptanya hubungan terintegrasi dengan masyarakat global sehingga situasi ini mengharuskan para pemasar bukan hanya semikin kerja keras namun…

  • POSITIONING VS CLARIFYING

    Seperti yang kita kenal , positioning merupakan persepsi konsumen mengenai brand kita ketika mereka mendengar mengenai brand kita sehingga mereka bisa membedakan antara brand kita dengan brand lain. Dengan kata lain Positioning bisa menjadi USP ( Unique Selling Preposition) karena keunikannya selain menjadi pembeda kadang bagi beberapa brand bisa menaikan kredibilitasnya. Dengan kata lain, positioning…

  • TARGETTING VS CONFIRMING

    Selama ini kita mengenai targetting sebagai segmen yang terlayani oleh marketers, bisa satu segment bisa juga terdiri dari beberapa segemen. Targeting mengandalkan ukuran pasar yang semakin besar dimana disana ada konsumen yang besar pula hal ini yang membuat pemasar tertarik untuk berkompetisi meraih pangsa pasar tersebu dengan menginvestasikan “tenaga dan biaya” yang cukup besar. Namun…

  • SEGMENTATI0N VS COMMUNITIZATION

    Seiring dengan kebanyakan orang yang memiliki new identity yakni “ Offline Identity” dan “ Online Identity” marketer harus mengetahui cara “ treatment “ untuk secara personal dan cyber. Untuk menjangkau kegiatan  komunikasi pemasaran secara  Offline, kegitan melakukan treatment  segmentasi masih belum menjadi “old-fashion” treatmen hingga saat ini dan tidak dapat dipungkiri treatment seperti ini masih…

  • FROM PEOPLE TO ACCOUNT

    Pada awalnya konsumen bertindak sebagai individu mereka harus bersentuhan dengan merek melalui dirinya secara langsung. Perkembangan teknologi kini merubah kebiasaan tersebut. Konsumen kini lebih bergantung kepada komputer dan akses internet. Konsumen dilanda stress ketika ketinggalan handphone lebih dari ketinggalan dompet. Melalui handphone tersebut individu lebih bisa menunjukan eksistensi diri, attensi , opini bahkan interkasi lebih…

  • Bauran E- Marketing

    Untuk mengetahui pemasaran pada era digital , ada hal hal yang perlu diketahui oleh Marcommers. (Hasan, 2013: 802) menyebutkan 6 bauran E marketing diantaranya : Product Produk merupakan jasa atau brang fisik yang ditawarkan perusahaan. Berbagai bentuk produk ditawarkan di internet diantaranya  barang fisik seperti baju , handphone dan lain-lain , produk informasi ( jual…