Bentuk-bentuk Direct Marketing di era digital


  1. Direct mail marketing

Direct mail marketing juga termasuk ke dalam direct marketing, dimana produsen memberikan informasi terkait barang atau jasanya kepada konsumen mereka, informasi ini bisa berupa info discount dari sebuah e-commerce, atau katalog-katalog dari sebuah perusahaan. Direct mail marketing ini biasanya telah disetujui secara tidak langsung kepada pemilik email. Seperti ketika kita membeli sebuah produk make up dari sebuah brand, kemudian sales dari brand tersebut meminta alamat email kita sebagai data konsumen. Kemudian email kita digunakan sebagai salah satu channel untuk mengkomunikasikan produk mereka di masa datang.

 

  • Kegunaan Direct Mail
  1. Supaya dapat mencapai promosi yang spesifik kepada target customer.
  2. Untuk menyampaikan pesan iklan yang lengkap dan juga detail.
  3. Untuk mendapat sample produk atau kupon dari tangan yang tepat.
  4. Digunakan ketika membutuhkan timming yang spesifik akan kebutuhan.
  5. Digunakan ketika mail order selling dimanfaatkan.
  6. Untuk menjamin sales lead untuk sales people.
  7. Untuk manjangkau distributor, dealers dan sales people dari sebuah perusahaan.
  8. Catalogue marketing – mail order catalogue

Dimana memungkinkan penjual mengirimkan informasi katalog mengenai produk dan jasa mereka melalui e-mail kepada pembeli pontensial mereka.

  1. Mobile Phone

Telemarketing adalah bentuk sistem komunikasi pemasaran yang menggunakan SMS otomatis saat calon konsumen/ konsumen melewati daerah sekitar toko/ resto/ cafe tersebut untuk memasarkan secara langsung kepada calon konsumennya. Mobile Phone sangat membantu para pemasar maupun pelaku usaha untuk mengenalkan produk atau jasa mereka dan menginformasikan promo menarik kepada masyarakat luas dengan waktu yang singkat.

  1. Kiosk Marketing

Banyak perusahaan menempatkan mesin-mesin informasi dan pemesanan disebut kios (berbeda dengan mesin penjual, yang mengeluarkan produk aktual) di toko-toko, airport dan lokasi-lokasi lain. Para pemasar bisnis juga menggunakan kios, untuk mengumpulkan informasi calon pelanggan dan memberikan informasi tentang produk-produknya. Dewasa ini kios juga masuk ke online, ketika banyak perusahaan menggabungkan kekuatan dunia maya dan nyata. Contohnya di toko Florsheim shoes yang menampilkan, anda dapat memasukkan data ukuran sepatu dan warna yang dinginkan konsumen ke dalam kios internet dengan memberikan nomor telepon dan alamat konsumen

  1. Online Channels

Pemasaran secara online dilakukan melalui sistem computer online interaktif yang menghubungkan para pelanggan dengan penjualan secara elektronik. Ada dua jenis saluan pemasaran online yaitu:

  1. Layanan online komersial: menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan. Penyedia layanan online yang paling terkenal adalah raksasa amerika online (MSN) Layanan online tersebut memberikan informasi (berita, perpustakaan, pendidikan, perjalanan, olahraga, referensi), hiburan (lelucon, permainan) layanan peluang dialog (papan bulletin, kotak-kotak obrolan) dan surat elektronik.
  2. Internet:Web global jejaring komputer yang luas dan berkembang pesat. Dewasa ini  jejaring komputer publik yang luas itu mengaitkan pengguna komputer di seluruh dunia. Semua orang dengan PC, modem, dan perangkat lunak yang sesuai dapat menjelajah internet untuk memperoleh atau berbagai informasi tentang hampir semua pokok bahasan dan untuk berinteraksi dengan pengguna lain.

Leave a Reply