Keuntungan dan Kekurangan Direct Marketing


Semua bentuk dari direct marketing tentu memiliki kelebihan dan kekurannya masing-masing. Namun keuntungan dan kekurangan bentuk Direct Mail Marketinglah yang paling menonjol.

  • Advantage of Direct Mail Marketing
  1. Selectivity: kita bisa mengarahkan, atau menseleksi dari grup mana atau penerima mana saja yang akan kita jadikan target marketing.
  2. b. Timeliness: direct mail marketing dapat terkirim dengan cepat, tanpa membutuhkan waktu lama, namun dengan persiapan yang matang dan jelas alamat pengirimannya.
  3. Intensely Personal Quality: setiap materi email dapat dibedakan dari yang lain dan pesan dibuat pada intinya sehingga benar-benar dapat dipercaya.
  4. Lack of Limitation on Format: direct mail marketing dapat tersedia berbagai ukuran dan bentuk, atau bisa saja bentuk surat setempat.
  5. Complete Information: materi yang disampaikan oleh direct mail dapat membawa salinan yang panjang maupun pendek, diagram, dan ilustrasi yang menjelaskan banyak tentang produk tersebut.
  6. No Competition: tidak adanya daya saing antara tipe pesan periklanan yang lainnya.
  7. Testing : test terhadap produk mudah dilakukan, baik dari segi produk, harga, penampilan, dan faktor lainnya.
  8. Results : hasil dari materi direct mail dapat dicek melalui cara sebuah penawaran paket.
  • Disadvantages of Direct Mail Marketing
  1. High Cost : direct mail mempunyai biaya lebih besar untuk setiap email yang dikirimkan.
  2. Difficulty of Securing and Maintaning Mailing List : menjaga mailing list terbilang susah dan pengelolaannya membutuhkan biaya yang mahal.

c. Receiver Annoyance: penerima bisa saja merasa terganggu dengan email yang dikirimkan, para penerima email bisa menunjukan email yang dikirim sebagai junk mail, karena email yang dikirimkan seringkali murni berupa commercial advertising tanpa editorian dan nilai menghibur.

Keuntungan Direct Marketing bagi Marketers

  1. ACCESS TO SEGMENTED PROSPECT LISTS: Direct marketers dapat mendapatkan/ membeli daftar alamat yang berisi nama-nama dari berbagai kelompok yang tersegmentasi dengan baik yang memungkinkan mereka untuk membuat pesan sesuai keinginan dan mengubah pesan mereka.
  2. CUSTOMER RELATIONSHIP BUILDING: Direct marketers dapat membangun hubungan secara terus dengan setiap customer.
  3. REACHING TARGET PROSPECTS ON TIME: Direct marketers dapat mencapai target prospek diwaktu yang tepat.
  4. HIGHER READERSHIP OF MARKETING MATERIALS: Direct marketing lebih banyak mengirim prospek yang menarik.
  5. TESTING FOR COST-EFFECTIVE PROMOTION APPROACH: Biaya promosi yang hemat untuk melalukan pendekatan promosi.
  6. SCREENING OF PROMOTION STRATEGY FROM COMPETITOR: Strategi kurang nampak jelas dan terperinci untuk para kompetitor dalam direct marketing.
  7. RESPONSES MEASUREMENT: Direct marketing dapat mengukur tanggapan untuk promosi yang mereka lakukan dan menentukan metode mana yang paling menguntungkan.

Leave a Reply