WOM Sebagai Viral Marketing


 

Viral asal katanya dari virus, dalam hal ini maksudnya cara proses marketing nya seperti seperti virus dimana sekali seseroang terkena infeksinya maka ia kan semakin luas menyebar. Dan bisa pula diartikan sebagai strategi marketing mulut ke mulut (Word of Mouth Marketing). Dalam konteks internet marketing, hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan metode tergantung dari kreatifitas webmaster itu sendiri.

 

9.3.1 Kekuatan dan Kelemahan Viral Marketing

 

Dalam setiap kegiatan pemasaran, ada kekuatan dan kelemahan dalam setiap aktivitasnya. Begitu pula dalam menggunakan viral marketing, diantaranya:

  1. Hemat Biaya

Viral marketing mampu menghemat biaya inventasi dalam kegiatan promosi dimana ini bergantung pada kesediaan untuk melakukan sharing informasi kembali kepada orang lain. Dulu penguna twitter atau media sosial lainnya sering membagikan informasi mengenai jalanan ibu kota yang macet karena ada kecelakaan. Ketika seseorang mendapatkan informasi tersebut maka ia secara sendirinya akan melakuka sharing information kepada orang lain dengan melakukan retweet atau repost pesan tersebut. Nah, saat ini bisa kah kita melakukan perlakuan ini untuk brand kita?

  1. Pesan yang tersebar

Kekuatan pertumbuhan paparan informasi sangat berpeluang besar untuk tersebar.Bayangkan bila 1 orang mampu mempengaruh minimal 5 orang bisa jadi lebih dari 3000 informasi bisa didapat dalam beberapa level percakapan. Para ahli pemasaran viral sangat menganjurkan untuk menggunakan metode ini disamping metode lainnya

 

Setiap kekuatan pastinya ada kelemahan dalam menggunakan metode viral marketing ini diantaranya :

  1. Pesan yang diterima

Pesan yang diterima oleh setiap orang akan dibumbui dengan latar belakang pemahaman seseroang (misal: pengetahuan, pendidikan, sejarah, pengalaman, dll) sehingga orang akan menerima pesan dengan cara yang berbeda. Sehingga tidak semua orang akan memiliki ambisi dan minat yang sama untuk membeli suatu produk.

 

 

  1. Conviction problem ketika closing

Bisa jadi pesan yang disampaikan melalui viral marketing ini masih menimbulkan pertanyaan sehingga mempengaruhi keyakinan seseorang sebelum membeli suatu produk. Informasi yang jelas dan terpusat harus jelas sehingga orang yang penasaran atau butuh diyakinkan dapat terlayani. Misalnya, ketika orang mendapatkan informasi dari hasil retweet media sosial, maka marketers harus menyediakan informasi juga di media yang terpusat seperti website. Ketika orang butuh diyakinkan maka ia akan mendapatkan pemahaman yang sebenarnya melalui website.

9.3.2 Cara menyebarkan ide menjadi wabah

Jenis ide seperti apa yang mampu meciptakan duplikasi pesan? Silverman (2001;107) dalam bukunnya menjelaskan berbagai ide untuk menyebarkan wabah marketing ini diantaranya:

  • Ide harus menjadi sesuatu yang menarik perhatian sehingga menimbulkan gairah untuk mencoba.
  • Kemudahan ketika seseorang ingin mencobanya adalah mutlak
  • Orang harus dibuat ingin mencobanya dengan segera
  • Orang harus mencobanya tanpa resiko
  • Sama seperti penyebaran penyakit menular, orang harus berada dalam kontak dekat, meski tidak harus secara fisik. Sama seperti yo-yo menyebar dengan mudah melalui halaman sekolah karena anak-anak berada dalam kedekatan fisik, ide bisa tersebar di internet karena orang sekarang semua terasa dekat berkomunikasi. Demikian pula, ide bisa menyebar cepat dalam konvensional karena semua penggerak dan ada yang mempelopori.
  • Harus menciptakan trial mechanism saat orang melihat produknya.

 

Silverman (2001; 113) menjelaskan Hal-hal menciptakan manfaat dari penggunaan WOM di internet.

 

  • Menugaskan orang-orang untuk memantau setiap forum, group list, dan menengahi pada diskusi internet dimana bisa mempengaruhi penjualan produk Anda.
  • Membangun platform dalam membangun WOM dikoneksikan ke situs Web Anda. Hal ini dilakukan agar membuat website anda aktif dan membuat lebih berharga sehingga akan memberikan kredibilitas tambahan

 

  • Taburkan testimonial dan dukungan seluruh situs Web Anda. Namun, sejalan dengan apa yang anda sudah pahami di buku ini.
  • Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya bukan berarti anda harus meninggalkannya. Anda bisa belajar mulai dari daftar distribusi dalam program e-mail Anda. Siapkan daftar rekan bisnis, teman, dan berbagai kategori pelanggan. Mengirimkan catatan singkat rutin menginformasikan orang dari hal-hal yang benar-benar berguna. Meminta orang untuk menyampaikan kata ke daftar distribusi mereka. Jika Anda memiliki pesan yang panjang, posting di situs Web dan e-mail Anda orang alamat halaman tersebut.
  • Gunakan situs Web Anda untuk mendapatkan menemukan dan menunjukkan semua hal luar biasa yang Anda lakukan yang akan membuat orang berbicara. Ingat, orang hanya pergi keluar dari jalan mereka untuk berbicara tentang yang tidak biasa, luar biasa, dan bahkan untuk sesuatu yang keterlaluan.
  • Plugin ke ahli dan jasa yang merekomendasikan produk kepada konstituen mereka. Pelajari tentang infomediaries dan plug ke mereka.

Leave a Reply