Strategic Marketing Communications


Marketers kini dituntut untuk dapat membuat Strategic Marketing Communications  dimana bukan sekedar funsional dan taktikal semata namu sudah menyangkut masa depan sebuah organisasi atau perusahaan melalui komunikasi yang effective bahkan harus jelas stategic finance nya.

Komunikasi pemasaran kini masih harus tetap terkoneksi antara dunia cyber (online) dan dunia nyata ( offline ) sehingga harus “always on connection”  sehingga membutuhkan mobile connection berupa perangkat komunikasi. Melalui bukunya The New Wave Marketing , Kertajaya menjelaskan mobile connector bedasarkan offeringnya adalah sebagai berikut ( 2009; 116-117) :

  1. Ad- Based

Bentuk iklan yang ditawarkan melalui mobile connector bentuknya bisa berupa teks seperti SMS, gambar , foto bahkan bisa video . Dengan kata lain ada istilah “ Interuption marketing “ seperti iklan-iklan POP up yang masuk ke komputer atau telepon selular yang sedang online.

  1. Content Based

Merupakan layanan yang menawarkan konten kepada si pemakai misalnya ring back tone .

  1. Reward Based

Merupakan layanan-layanan yang memberikan reward  bukan hanya kepada pelanggan namun juga kepada merchant dalam bentuk diskon atau akumulasi point.

 

Marketers kini harus membangun  stategi komunikasi pemasaran yang memiliki nilai “intimacy” melalui connector yang bersifat offline juga sehingga terciptalah “Experential Connector “ yang terdiri dari :

  1. Event-Based

Pada tahun 2008 , pernah diadakan satu eventnya clubbers yaitu “ Silent Disco” dari Belanda, dimana saat itu orang berjoged namun tidak terdengar musik sama sekali. Para clubbers saat itu menggunakan wireless headphone ternyata musik yang disiarkan oleh sebuah pemancar melalui wireless headphone Acara Silend Disco ini disponsori oleh coca cola ( COKE ZERO) dengan mendapatkan minum secara gratis.  Dengan kata lain , membangun experience dengan konsumen melalui event mobile connector online namun membina intimacy secara offline.

  1. Screen Based

Membangun pengalaman (experience ) lewat media layar , baik itu lewat layar komputer , ponsel , biskop atau video game) misalnya dengan membuat labirin dari screen.

  1. Identity Based

Memberikan identitas kepada merek melaui aktifitas pemasara contonya program-program yang sudah menjadi SIGNATURE misalanya, I like Monday dari Hard rock Cafe atau Victoria Screet Fashion Show.

 

Maketers dalam membangun kegiatan komunikasi pemasaran perlu “ mengawinkan “ dua dunia yakni Mobile Connector sebagai penghubung antara produk dengan audiencenya dan Experiential connector sebagai upaya membangun intimacy.


Leave a Reply