Strategi Memasarkan Event Secara Elektronik


Event marketing meruapakan aktivitas pemasaran yang dibuat dalam suatu kegiatan untuk membangkitkan emosi konsumen untuk terlibat secara emosional dengan suatu brand. (Chandra, 2008) menjealaskan bahwasannya emosi sangat penting karena kesempatan untuk konsumen menjadi loyal terbuka lebar dan juga bisa meningkatkan ingatn positif pada konsumen.

Terdapat banyak sekali pilihan metode elektronik yang dapat dipertimbangkan untuk melakukan perencanaan pemasaran. Variasi pemasaran elektronik diantara lain; promosi melalui website, iklan online, maupun promosi maupun e-mail.

Keuntungan pemasaran melalui WEB:

  • Membangun citra, pembangunan citra dapat dilakukan dengan daya tarik website.
  • Pemasaran langsung, untuk mengurangi biaya cetak dan pengiriman melalui web memberikan peluang untuk selalu menyempurnakan apa yang diperlukan audiens sasaran. Web juga dapat mengirimkan pesan bersifat pribadi terhadap audiens tertentu.
  • Penjualan online, Order yang datang langsung dapat diproses sambil tetap berinteraksi dengan pembeli.
  • Dukungan konsumen, dapat menjawab pertanyaan konsumen secara mudah.
  • Riset pasar, banyaknya informasi yang dapat diperoleh dari konsumen memungkinkan terciptanya ide sesuai dengan kepentingan pasar.
  • Publikasi, informasi tentang organisasi selalu tersedia bagi audiens internet dimanapun mereka berada.

Mengembangkan Website untuk Event.

Mengembangkan website memerlukan waktu, pemikiran, dan pertimbangan pada saat menyusun perencanaan strategi secara keseluruhan. Desainnya harus mudah dicari dan didapatkan konsumen sesuai kebutuhannya.

Menurut Jud Ashman terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain website:

  • Struktur
  • Kemudahan untuk mencari dan mendapatkannya
  • Gaya atau style
  • Persyaratan teknis
  • Konsistensi
  • Personalisasi

 

Rantau Simatupang (2016) menjelaskan adapun beberapa fungsi lain dari event marketing yang digunakan perusahaan, yaitu:

  1. Memperkuat brand positioning dan image sebuah merek.
  2. Untuk menarik pelanggan pesaing (brand switching).
  3. Menunjukkan kelebihan dibandingkan kompetitor.
  4. Menjaga dan meningkatkan loyalitas dari pelanggan.
  5. Menciptakan brand awareness yang tinggi dan instan.

Leave a Reply